Rabu, 16 September 2009

48. WILEY HARDEMAN POST

Wiley terkenal sebagai Si Penerbang Mata satu akibat pada suatu hari di bulan oktober 1926, di tempat kerjanya, sebuah pelat besi melayang dan dan merusak mata kirinya. Matanya terpaksa harus dioperasi karena khawatir akan erjadi infeksi. Tetapi ini tidak membuat karir terbangnya berakhir. Dengan mengasah ketajaman mata kanannya, Wiley menjadi pilot uji coba untuk beberapa perusahaan dan terbang keliling dunia.
Nama lengkapnya Wiley Hardeman Post, lahir di Texas pada tanggal 22 november 1896. Ia adalah putra ke-4 dari Francis Post dan Mac Quilan. Wilety tumbuh sebagai pencinta mesin dan benci sekolah. Wiley tertarik dengan pesawat ketika menyaksikan sebuah akrobatik udara pada umur 15 tahun di Lawton, Oklahoma.
Ketika Perang Dunia I, Wiley sempat masuk Sekolah Army Training Corp di Norman, Oklahoma. Setelah perang usai ia bekerja di Pengeboran Minyak Walters dekat Oklahoma. Di sini untuk pertama kalinya Wiley merasakan terbang dengan membayar 25 dollar.
Pada tahun 1920 Wiley mengikuti orang tuanya pindah ke Maysville tetapi kembali lagi bekerja di tambang karena rindu terbang. Ia kemudian berkenalan dengan para penerbang dan penerjun atraksi yang biasa menghibur para pekerja tambang dengan atraksi mereka. Dari mereka, Wiley belajar terjun.
Wiley menjadi penerjun yang baik bahkan sempat menjadi peneerjun bayaran dan dikenal oleh para pilot. Salah seorang di antaranya bernama Sam Bartel, pilot yang kemudian mengajari wiley menerbangkan pesawat sampai Wiley berhasil terbang solo pada tahun 1926.
Tetapi suatu hari, naas menimpanya di lading minyak. Sebuah plat besi melayang mengenai mata kirinya, mengakibatkan wiley harus buta sebelah. Ia sempat khawatir tidak bisa menjadi penerbang tetapi setelah berusaha keras melatih mata kanannya, Wiley tetap bisa menerbangkan pesawat, bahkan dari asuransi yang diperilehnya, ia bisa membeli sebuah pesawat Canuck bekas.
Secara fisik Wiley memang tidak bakal mendapatkan lisensi pilot, tetapi mengingat pengalamannya, ia diizinkan mengikuti tes tertulis dan uji coba selama 700 jam hingga mendapat lisensi pada tanggal 10 september 1928.
Pada tahun 1941 ia mengikuti ajakan temannya, hall dan Briscoe untuk menjadi pilot survey dan pemetaan.tetapui ketika pesawatnya yang ia namakan Winnie Mae dijual, ia beralih menjadi pilot uji coba di pabrik pesawat Lokheed. Ia kembali bekerja pada Hall pada tahun 1930? Dan memenangkan lomba Trans Los Angeles- Chicago dengan upah 7500 dollar.
Tak henti berprestasi, pada bulan juni sampai bulan juli Wiley menerbangkan lomba keliling duni selama 21 hari dengan pesawat hall yang tetap ia namai Winnie Mae. Ketika berkeliling dunia, ia diikuti oleh seorang ahli navigasi bernama Harold Gatty sehingga keberanian Wiley agak diragukan khalayak. Ini membuat Wiley sangat ingin membuktikan bahwa ia mampu terbang keliling dunia sendirian. Kemampuannya dapat ia buktikan dengan terbang dari dank ke New York mulai tangal 1 juli 1933-22 juli 1933. Untuk kesuksesan ini, Wiley menerima Gold Medal Of the Federation Aeronautical International dan Hormon International Trophy.
Seperti dilahirkan untuk menentang udara, pada tanggal 5 september 1934, Wiley memecahkan rekor terbang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar