Rabu, 16 September 2009

28. CLARENCE “ KELLY” JOHNSON

Clarence Leonard “ Kelly” Johnson lahir di Ispheming, Michigan pada tanggal 27 November 1910. Kelly tamat dari Universitas Michigan pada tahun 1931 dan meraih gelar master sains pada jurusan Aeronautical Engineering pada tahun 1933. Selama kuliah ia menjadi konsultan aerodinamika untuk mobil-mobil balap di Indianapolis.
Kelly bergabung dengan pabrik pesawat Lokheed pada tahun 1933 sebagai tool designer. Di sini ia merampungkan rancang bangun pesawat twin engine model 10 electra yang mengalami ketidakstabilan. Kelly Jonshon mengusulkan penggunaan twins fin untuk menyelesaikan masalah itu. Hal ini mengundang kagum Victor Loughead, pendiri perusahaan Lokheed.
Di perusahaan ini, Kelly memegang berbagai jabatan antara lain sebagai insyinyur tes terbang, analis keretakan, ahli aerodinamika, insyinyur bagian keseimbangan dan wind tunnel. Pada tahun 1938, ia diangkat sebagai kepala engineer riset.
Kelly telah menyumbangkan sekitar 40 desain pesawat untuk perusahaan Lockheed di antaranya Hudson Bomber, Constellation, pesawat transport Super constellation, P-38 Fighter, T-33 trainer, F-94 interceptor, dan jet star. Karyanya yang terkenal adalah F-80 Shooting Star yang kemudian dipergunakan sebagai tandingan pesawat MIG-15 pada perang Korea.
Karyanya yangh lain adalah F-104 Starfighter yang merupakan jet tercepat pada masanya namun harganya murah. Kelly juga membangun pesawat angkut seperti C-130 Hercules dan pesawat pengintai dengan kemampuan terbang tinggi dan cepat, U-2 Dragon Lady, serta SR-71 Blackbird.





Kelly Jonshon pensiun pada tahun 1975 dengan jabatan terakhir sebagai Vice Presiden Lockheed. Berbagai penghargaan ia terima antara lain, 2 buah tropi Collier, Thedore Von Karman Award dan National Medal Of Science. Engineer jenius ini meninggal pada tanggal 212 desember 1990.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar