Rabu, 16 September 2009

39.ARTYOM IVANOVICH MIKOYAN

Artyom Ivanovich Mikoyan lahir di Armenia… Rusia pada…. tahun 1909. Ayahnya adalah seorang tukang kayu dari Desa Armenia yang hanya sempat menikmati pendidikan sampai sekolah menenganh. Namun ia cukup disegani karena Ia adalah saudara Anastas Ivanovich Mikoyan, anggota politbiro sekaligus komisaris perekonomian Soviet sejak tahun 1926.
Pekerjaan pertama Mikoyan adalah sebagai ahli compressor dan dynamo. Pada tahun 1939 ia bekerja di (OKB) pabrik pesawat Polikarpov. Di sini ia menunujukkan keahliannya dengan mendesain pesawat I-153 yang merupakan pengembangan dari pesawat buatan Jerman, Bf-109 Es.
Pada suatu hari, akibat kelalaian dua orang karyawan OKB Polikarpov, fasilitas OKB berikut pesawatnya meledak. Mikoyan pun dialihkan ke seksi OKO (Seksi Perancangan Dan Eksperimen) Polikarpov. Bersama dengan Mikhail Iosifovich Guryevich, tim Mikoyan berhasil berhasil menyelesaikan rancangan pesawat I-200, yang selanjutnya diberi nama MIG-1 (Mikoyan Guryevich Satu). Ai mikoyan meninggal pada tahun 1970.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar