Rabu, 16 September 2009

47. MARSEKAL HUGH MONTAGE TRENCHARD

“Yang membentuk pribadi seseorang adalah kritik dan ketegaran menghadapi rintangan. Jika ia hanya mau menerima pujian, sesungguhnya ia sudah berakhir”
(Marsekal H. M. TYrecchard)

Ditilik dari usia dan perjalanan karir militernya tak ada yang menduga kalau ia bisa menjadi penerbang saat mendekjati uzur, a[alagi menjadi orang “top” di Angkatan Udara padahal ia memulai karirnya di Angkatan Darat, bahkan ia kemudian diberi gelar “Bapak Angkatan Udara”.
Namanya Hugh Montague Trenchard, lahir di Inggris pada… Perjalanan karirnya tidak mulus. Pada saat mendaftar di Angkatan bersenjata untuk pertama kalinya, trenchard gagal dalam ujian.
Akhirnya Trenchard bergabung dengan milisi karena untuk menjadi milisi tidak diperlukan ujian. Ketika ditempatkan di Resimen Scotlandia ia mendapat pangkat letnan dua. Trenchard selanjutnya terjun ke front afrika Selatan. Dua belas tahun kemudian pangkatnya telah mencapai mayor. Tahun 1906 ia mendapat tanda bakti kehormatan Nigeria setelah menunjukkan prestasinya di Perbatasan Afrika Barat.
Trenchard sudah berusia 39 tahun ketika memutuskan untuk belajar terbang di Sekolah Terbang Sopwith. Dengan usia yang cukup tua itu , bayak rekan yang meragukan kemampuannya. Tetapi Trenchard berhasil melalui latihannya dengan baik hingga pada tanggal 13 agustus 1912 ia memperoleh sertifikat penerbang no. 270, bahkan kemudian diangkat menjadi instruktur.
Ketika Korps Penerbang Kerajaan terbentuk, trenchard terbang ke Perancis dan mengorganisir pasukan, membentuk skadron-skadron, membuang tenaga-tenaga yang tidak produktif serta memberikan penghargaan bagi prajurir-prajurit yang berprestasi. Dengan kemampuan mengorganisir ini, akhirnya Trenchard dipercayakan menjadi Komandan wing untuk pasukan inggris Di Perancis. Pada tahun 1915, skadron-skadronnya bergabung dengan pasukan infanteri dan artileri dan pangkat Trenchard dinaikkan menjadi kolonel, selanjutnya menjadi mayor jenderal.
Trenchard dikenal sebagi komandan yang disiplin dan tidak segan-segan menghukum siapa pun yang melakukan pelanggaran disampinh sikapnya yang terbuka menerima kritik. Menurut Tenchard, “Yang membentuk pribadi seseorang adalah kritik dan ketegaran menghadapi rintangan. Jika ia hanya mau menerima pujian, sesungguhnya ia sudah berakhir”
Dengan persetujuannya Sir Douglas, Trenchard kemudian membentuk pasukan pengebom pada tahun 1917 yang selanjutnya menjadi Angkatan Udara independent Pembom Strategis dengan bertugas membom industri Jerman pada tahun 1918.
Dewan Penerbangan dibentuk pada tanggal 1 januari 1918 dan Mayjen Trenchard ditunjuk sebagai kepala stafnya. Pada tanggal 1 april 1918 terbertuklah Royal Air force ( Angkatan Udara Kerajaan) yang merupakan gabungan antara Dinas Penerbangan AL dan Korps Penerbangan Kerajaan Inggris.Setelah itu, Trenchard menerima perintah untuk perang habis-habisan melawan Jerman karena Sekutu Inggris seperti Perancis dan Rusia telah ditaklukkan Jerman. Tercatat 209.446 pasukan Inggris yang tewas dalam pertempuran di Lys selama 40 hari 40 malam sedangkan di pihak Jerman sebanyak 308.825. Dalam perang ini Inggris dinyatakan keluar sebagai pemenang.
Ketika perang berhasil dimenangkan, Trenchard mendapat gelar baromet? Dan diangkat menjadi Komadan Staf Angkatan Udara Inggris dengan pangkat Marsekal Udara Pertama (Letnan Jenderal). Ia mulai menjalankan tugasnya kembali sebagai komandan sekaligus pelatih.
Trenchard mendapat bintang lima pada tahun 1927 dan pada tahun 1929 ia menerima penghargaan baik dari dalam maupun dari luar negeri dan diberi gelar “Baron” dan “Viscount”. Setelah pensiun ia masih memberikan bantuan pemikirannya pada Angkatan Udara utamanya dalam hal kesejahteraan prajurit. Marsekal Besar Hugh Montague trenchard meninggal pada tanggal 10 februari 1956.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar