Rabu, 16 September 2009

30.JACKIE COCHRAN

“Dia wanita tegar, tapi bossy dan kemauannya tidak bisa dihalangi” (Chuck Yeager, Penerbang supersonic pertama)

Jaqueline “ Jackie” Cochran adalah penerbang wanita pertama yang berhasil menembus kecepatan suara (supersonic).
Ditilik dari prestasinya mungkin banyak yang tidak percaya bahwa Jackie Cochran yang lahir pada tanggal…. 1912 di Florida utara dan telah yatim-piatu semenjak kecil itu dibesarkan oleh orang tua angkatnya dalam kehidupan yang amat miskin. Tempat tinggalnya adalah sebuah gubuk yang tidak berpenerangan dan berledeng, bertempat di sebuah kampung penggergajian kayu. Jackie tidak pernah merasakan bangku sekolah dan terkadang harus mencari buah berries dan pine nuts di hutan untuk sekedar pengganjal perut.
Pada umur 8 tahun Jackie dan keluarganya pindah ke Georgia dan bekerja di sebuah tempat pengolahan kapas, selanjutnya bekerja di salon kecantikan. Dengan bermodalkan pengalaman bisnis kecantikan inilah, Jackie akhirnya pindah ke Montgomery, Alabama lalu ke New York dan bekerja di salon kecantikan bergengsi Antonies. Di sini kariernya sebagai bisniswoman? mulai menanjak.
Tugasnya sebagai Sales Representatives membuatnya berpikir untuk memiliki alat transportasi yang bisa mengantarnya ke wilayah-wilayah pemasarannya dengan cepat. Menurutnya yang paling efektif adalah dengan menggunakan pesawat. Ia pun belajar terbang di Roosevelt Field, Long Island pada tahun 1932.
Ia amat menikmati kegiatan belajar terbangnya hingga hampir-hampir lupa dengan bisnis salon kecantikannya. Jackie termasuk penerbang yan berbakat. Dalam tempo 2 hari ia telah mampu terbang solo hingga tiga minggu kemudian ia telah memperoleh lisensi. Satu kekurangannya adalah ia tidak menulis dan membaca dengan baik sehingga harus meminta salah seorang temannya yang bernama Mickey Rosen untuk membuatnya melek huruf.
Setelah menyelesaikan pendidikan terbang dasar, ia lanjut ke pendidikan terbang lanjutan di San Diego dan memperoleh lisensi pilot komersil pada tahun 1933. saat itu ia telah memiliki sebuah pesawat Travel Airtua seharga 1.200 dollar.
Setelah menikah dengan Flyod Odlum dan mendirikan Jacqueline Cochran cosmetics pada tanggal 11 mei 1936. Jackie ikut dalam perlombaan MacRobertson Race pada tahun 1934, rute London-Melbourne. Tetapi ia gagal karena pesawatnya, sebuah Northrop gamma, mengalami kerusakan sewaktu mendarat.
Jackie kembali ikut pada perlombaan bendix rute Los angeles-Cleveland pada akhir tahun 1935. Lagi-lagi ia gagal karena mesinnya mengalami kerusakan. Pada perlombaaan Bendix tahun 1937 baru Jackie Cochran memperoleh kemenangan dengan meraih juara ketiga dan memperoleh hadiah sebesar 3000 dollar.
Ketika memenangkan penerbangan New York-Miami dengan pesawat Seversky Executive dengan waktu 4 jam 12 menit, ia diminta sebagai pilot uji coba pada Pabrik Pesawat Seversky dan memenangkan lomba terbang California-Cleveland.
Desakan Jerman atas Inggris pada tahun 1941 membuat Inggris meminta bantuan pada sekutunya, Amerika Serikat dalam hal pasokan pesawat pengebom. Para pilot sipil pun dikerahkan untuk membawa pesawat-pesawat pengebom ke Inggris berhubung pilot-pilot militer harus berkonsentrasi di medan tempur. Jackie pun kebagian jatah menerbangkan pesawat-pesawat tersebut ke Inggris setelah melewati seleksi yang ketat. Mulai saat itu Jackie makin dikenal baik oleh kalangann penerbanga sipil maupun militer Amerika bahkan, pada Perang Dunia II ia diminta oleh Presiden AS, Franklin D. Roosevelt untuk menjadi instruktur pilot wanita Air Transport Auxialary (ATA) dan Woman Airforce Service Pilot (WASP) . Setelah perang berakhir ia kembali ke bisnis kecantikannya.
Memasuki era mesin jet pada tahun 1950, Jackie menyatakan keinginannya untuk menjadi pilot pesawat supersonic. Dengan bantuan Chuck Yeager, family sekaligus penerbang supersonic pertama, Jackie mulai berlatih dengan pesawat T-33 Thunderbird, selanjutnya ke pesawat F-86 Canadair. Di pesawat inilah Jackie sedikit demi sedikit menjajal kemampuannya untuk menerbangkan pesawat yang kecepatannya lebih tinggi dari kecepatan suara itu. Akhirnya setelah dianggap persiapannya telah cukup, ia pun melaju pada ketinggian 45.000 kaki (13.500 m) dengan terbang menukik dan berhasil mengalahkan kecepatan suara yakni melebihi 650 mil per jam.
Pada tahun 1953 Jackie berhasil menembus kecepatan 1.044 km per jam dan untuk ini ia dihadiahi Hormon Trophy dan tercatat sebagai wanita terhebat di tahun 1953. Puncak prestasi Jackie adalah ketika ia telah melampaui umur setengah abad, tepatnya pada tanggal 4 mei 1964. Saat itu Jackie memecahkan rekor internasional sebagai penerbang wanita dengan kecepatan terbang 2.286 km per jam pada pesawat F-104 Starfighter.
Jacqueline Cochran, bocah miskin yang tumbuh menjadi wanita supersonic ini menghembuskan nafas terakhir pada tanggal 9 agustus 1980 akibat penyakit jantung yang sempat membuatnya lumpuh beberapa tahun sebelum meninggal. Ia dikenang oleh Chuck Yeager sebagai wanita tegar, tapi bossy dan kemauannya tidak bisa dihalangi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar