Rabu, 16 September 2009

27. MARCEL BLOCH

Marcel Bloch lahir di ……Perancis pada …1892. Besdar di negara yang giat-giatnya melakukan revolusi kerap mempengaruhi jiwa Marcel untuk menyukai hal-hal yang berbau keteknikan terutama elektronika dan kelistrikan. Berita tentang keberhasilan penerbangan Wright Brothers pada tahun 1903 yang disusul kesuksesan penerbangan lintas Selat Inggris oleh Louis Bleriot, rekan senegaranya membuat jiwa marcel meletup-letup ingin mengikuti jejak mereka.
Beranjak dari cita-cita ingin menjadi seorang teknokrat itu, setamatnya dari sekolah menengah, Marcel langsung berangkat ke Paris untuk melanjutkan studinya di Sekolah Tinggi Teknologi Penerbangan (Aeronautik) Paris. Pada umur 18 tahun Marcel membuat sebuah pesawat sayap tunggal bermesin traktor
Sebelum pecah Perang Dunia I pada tahun 1913, Marcel telah lulus dengan gelar insyinyur aeronautik . Ia kemudian bekerja pada Laboratorium Riset Aeronautik di Chalais Meudon dengan tugas menyelesaikan rancangan pesawat tempur sayap ganda Caudron G-3 bersama temannya Henry Potez. Dengan Potez, Marcel kemudian mendirikan sebuah sebuah perusahaan pembuat baling-baling bernama Éclair Propellor Company. Di perusahaan ini nama Marcel Bloch mulai dikenal oleh karena produk dari pabriknya diakui berkualitas bagus.
Pendudukan Jerman atas Perancis di awal tahun … menjadikan posisi Marcel sebagai perancang pesawat tempur Perancis terancam karena disamping teknologi pesawat-pesawat karyanya setingkat lebih maju dari teknologi pesawat Messerchmit Jerman, Marcel adalah keturunan Yahudi yang sangat dimusuhi oleh Adolf Hitler, kanselir Jerman saat itu. Marcel terpaksa bersembunyi namun di dalam persembunyiannya, ia tetap menggarap 152 rancangan pesawat tempur untuk dipersembahkan kepada negaranya.
Sayang, pada suatu ketika tempat persembunyiannya tercium oleh Angkatan Udara Jerman. Marcel Bloch dan Paul Bloch saudaranya pun dimasukkan ke kamar konsentrasi Buchenwald. Untungnya ia tidak dieksekusi seprti tahanan lainnya.
Setelah perang berakhir marcel mendirikan pabrik pesawat yang diberi nama seperti nama kecil Paul Char D’assault atau yang lebih dikenal dengan Dassault. Dassault memproduksi pesawat tempur, pesawat pengebom dan pesawat angkut sipil tetapi belakangan Dassault lebih terkenal dengan pesawat-pesawat tempur Mirage-nya. Pesawat mirage pernah digunakan oleh Israel untuk melawan pesawat-pesawat MIG milik negara-negara Arab pada Perang Timur Tengah. Produk-produk terkenal Dassault yang lain adalah Super Mystere, Super Etendard, Jaguard, Alpha Jet dan Mirage 2003 serta Dassault Rafale.
Marcel Bloch, insyinyur pendiri pabrik Dassault yang telah ditempa dengan berbagai kerumitan pengembangan pesawat dalam situasi perang ini meninggal pada ….1985 dalam usia 94 tahun.
Dassault Rafale

Tidak ada komentar:

Posting Komentar