Rabu, 16 September 2009

42. ANDREI TUPOLEV

Andrei Tupolev dilahirkan di Pustomazovo, Rusia pada tanggal 10 november 1888. pada tahun 1908 ia masuk ke Sekolah Tinggi Ilmu Keteknikan Moscow dan belajar di bawah bimbingan Nikolai Zhukowsky, bapak penerbangan Rusia.
Di awal tahun 1916, Tupolev meraih sejumlah prestasi akademik hingga pada tahun 1922, ia dingkat menjadi Kepala Biro Desain di Central Aerohydrodynamic Instiute. Di sini Tupolev menghasilkan sejumlah desain pesawat logam.
Pesawat-pesawat yang didesain oleh Tupolev antara lain ANT-4 pada tahun 1925 berupa pesawat logam low wing dengan dua mesin yang digunakan sebagai pesawat pembom. Rancangan lainnya adalah ANT-20 Maxim Gorky, pesawat angkut terbesar di dunia dengan 8 mesin, dan pesawat ANT-25, pesawzt sayap tunggal yang memecah rekor terbang dari Arctik ke amerika pada tahun 1937.
Selama Perang dunia II, Tupolev merancang pesawat-pesawat pembom berat dan pembom sedang yang digunakan oleh Angkatan Darat, Laut maupun Udara Rusia. Setelah itu, Tupolev beralih merancang pesawat-pesawat angkut sipil seperti Tu-104 dan pesawat transport supersonk pertama Tu-144.
Andrei Tupolev berkiprah di dunia penerbangan selama 60 tahun dan menghasilkan lebih dari 100 desain. Kecerdasan insyinyur Rusia ini mengantar Uni Soviet sebagai negara pemimpin di bidang industri penerbangan dalam hal terbang jauh dan cepat.
Andrei Tyupolev meninggal pada tahun 1972.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar