Rabu, 16 September 2009

11.OTTO LILIENTHAL

Otto Lilientahal lahir di jerman pada tahun 1848 di Jerman. Pada tahun 1877 Otto mulai merancang sebuah glider atau pesawat layang.Selanjutnya ia melakukan studi mendetail tentang burung sekaligus merancang pesawat layang yang ia terbangkan sendiri dari puncak bukit pada tahun 1891.
Otto melakukan percobaan dengan lari menuruni bukit dengan membawa pesawat layangnya untuk mendapatkan kecepatan awal untuk tinggal landas. Dalam waktu 6 tahun Otto melakukan percobaan sebanyak 2000 kali dan dalam kesekian percobaan itu, ia berhasil menempuh jarak terbang 240 meter. Dengan ini Otto telah membuktikan bahwa sayap yang baik dapat menyanggah berat tubuh seseorang di udara. Otto tercatat sebagai orang pertama yang menguji coba konsep permukaan sayap lengkung.
Pada tahun 1896 Otto memasangi pesawatnya sebuah mesin gas asam arang yang ia rancang agar bisa menggerakkan sayap sepeti burung. Tetapi malang, saat ia mengadakan uji coba cuaca sangat tidak bersahabat. Sayap pesawatnya terpuntir angin dan pesawatnya terhempas dari ketinggian 15 meter. Ilmuan ini akhirnya meninggal bebeapa hari kemudian akibat luka-luka yang ia derita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar