Rabu, 16 September 2009

15.WILLIAM E. BOEING

Lelaki itu bernama William E. Boeing, nama yang kemudian diabadikan menjadi 6000 buah pesawat komersil yang mengangkut sekitar 1,85 juta per hari serta merk pesawat-pesawat militer Amerika yang tangguh.
Boeing dilahirkan di Detroit, Michigan, Amerika Serikat pada tanggal 1 oktober 1881. Ayahnya adalah seorang pedagang kayu yang sukses. Semangat menjadi bisnisman ini berpengaruh terhadap Boeing kecil, hingga setamatnya dari Tale’s Scientific School pada tahun 1903, Boeing memilih bekerja di sebuah perusahaan kayu di Grays Harbor, Washington ketimbang melanjutkan sekolah. Lima tahun kemudian ia mendirikan perusahaan sendiri bernama Greenwood Timber company, sekaligus menjadi direkturnya.
Boeing tertarik mengembangkan bisnis pesawat pada saat berkunjung ke acara Alaska-Yucon- Pasific- Explosion di Seattle. Saat itu untuk pertama kalinya ia menyaksikan atraksi pembuatan pesawat terbang.
Ketertarikan ini membuatnya ingin mempelajari pesawat secara mendalam. Pada tahun 1911, atas arahan Glen martin, sahabatnya, ia belajar terbang. Pada saat itulah terbersit ide untuk mendirikan pabrik pesawat dengan keyakinan bahwa pesawat akan menjadi alat transportasi di masa depan.
Ide ini ia tindaklanjuti dengan membeli sebuah pesawat air dari Glenn dan diam-diam mempelajarinya. Sambil mempelajari pesawat iapun menghitung-hitung biaya produksi serta peluang bisnis pabrik pesawat.
Pada tahun 1916, Boeing berhasil mendapatkan seorang teman yang bisa diajak patungan mewujudkan idenya yakni Conrad Westervelt, seorang teknisi AC Amerika Serikat. Boeing dan Westervelt mendirikan Pasific Aero Product , pesawat manufaktur pesawat yang memproduksi pesawat pertama mereka yaitu sebuah pesawat air (sea plane) sayap ganda yang terbuat dari kayu dan dilapisi kain fabric berkode B&W (Boeing and westervelt). Penerbangan perdana pesawat mereka dipiloti oleh Boeing sendiri.



Pesawat B & W
Penerbangan ini menarik minat para pemenang terutama dari kalangan Angkatan Laut Amerika Serikat. Pesawat yang paling banyak diproduksi untk pertama kalinya adalah pesawat latih (trainer). Ketika keadaan ekonomi membuat akibat Perang Dunia I, perusahaan Boeing sempat beralih membuat peralatan perumahan dan perkapalan untuk bertahan.
Keadaan Perusahaan Boeing mulai pulih ketika Amerika Seikat memutuskan untuk tejun dalam Perang Dunia I. Saat itu mendapat banyak pesanan dari Angkatan Bersenjata Amerika dan segera mengubah nama perusahaannya menjadi Boeing Airplane Company. Perusahaan Boeing mendapat 50 buah pesanan dari Angkatan Laut dan 200 buah dari Army Air Service.
Setelah perang usai, Perusahaan Boeinh beralih membuat pesawat komersil untuk jasa pengiriman pos. Pada tahun 1919 perusahaan ini telah memiliki cabang di mana-mana salah asatu di antaranya adalah Boeing air transport yang tercatat sebagai perusahaan jasa pos udara yang pertama antara Vancouver DC- Seattle.
Berbagai rekor dan keunggulan diraih oleh Perusahaan Boeing. Pesawat Boeing 40 A tercatat sebagai pesawat komersil pertama, Boeing 314 clipper dinyatakan sebagai pesawat komersil terbesar dan terbang terjauh di masanya, bahkan pada tahun1928, Perusahaan Boeing menjadi industri pesawat terbesar di AS. Tidak mengherankan jika pada tahun 1934 william Boeing dianugerahi the Daniel Guggeheim Medal dan namanya tercatat di National Hall Of Fame.
Boeing mengundurkan diri dari industri pesawat karena merasa kecewa pada pemerintah yang menganggap Perusahaan Boeing menjalankan praktek monopoli. Ia kemudia menetap di Highland, sebuah desa kecil di luar Seattle bersama Bertah Potter Paschll, istrinya dan 3 orang anaknya. Akhir hayatnya dihabiskan untuk menggeluti bisnis property dan peternakan. William Boeing meninggal pada tanggal 28 september 1956.
Nama Boeing telah diabadikan hingga saat ini pada pesawat berbagai tipe antara lain, B-707, B-727, B-737, B-747, B-757, B-767, B-777 dan B-777E Dreamliner. Sedangkan untuk pesawat militer antara lain, B-17 Flyingfortress, B-52 Superfortress, dan B-2 Stealth.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar