Rabu, 16 September 2009

29.AMELIA MARY EARHART

Amelia Mary Earhart lahir pada tanggal 24 juli 1897 di Atchison, Kansas Amerika. Ayahnya, Edwin Stanton Earhart seorang pengacara yang sabar dan humoris. Sejak kecil Amelia telah akrab dengan olah raga menembak dan memancing. Anak tertua dari dua bersaudara ini juga dididik untuk menyukai sastra dan akrab dengan lingkungan sehingga ia tidak takut dengan cacingh tanah, ngengat, tonggerek, lintah dan binatang-binatang menjijikkan lainnya.
Kecintaannya pada pesawa muncul ketika mengikuti ayahnya pada sebuah pertemuan keudaraan di Long Beach. Dengan bayaran 10 dollar, Amelia ikut terbang berputar-putar selama 10 menit. Semenjak saat itu ia mulai mencari informasi tentang sekolah terbang.
Amelia mulai belajar pada sebuah sekolah terbang pada tanggal 3 januari 1921. har-harinya penuh dengan kesibukan karena ia harus bekerja sendiri untuk membiayai sekolah terbangnya. Ia bahkan pernah memiliki 28 jenis pekerjaan untuk membiayai terbangnya. Pada bulan mei 1921 ia membeli sebuah pesawat prototype kinner yang diberi nama The Canary.
Dengan instrukturnya, Anita Snook (Neta), ia terbang ke Goodyear Field pada tanggal 23 juli dan mengalami crash akibat stall yang mengakibatkan baling-baling pesawat patah dan roda pendarat rusak. Untung saja ia tidak terluka parah. Amelia merasa bahwa seebetulnya ia tidak punya bakat alami untuk terbang tetapi keseriusan dan kemauannnya yang tinggi membuatnya tidak berhenti belajar.
Kepercayaan dirinya bangkit lagi ketika memecahkan reor terbang pada ketinggian 14.000 kaki pada bulan desember 1922. Pada tanggal 16 mei 1923, Amelia memperoleh lisensi terbang bernomor 6017 dari Federation Aeronatique International (FAI). Namun berbagai persoalan termasuk persoalan keuangan yang melanda keluarganya memaksa Amelia menjual The Canary dan berhenti untuk sementara dari sekolah terbangnya.
Untuk mengisi waktu, ia menjadi pekerja social dengan gaji 35 dollar seminggu sampai suatu ketika ia diajak kerja sama oleh seorang kenalannya yang bernama Bert Kinner untuk ikut dalam bisnis penjualah pesawai kinner. Amelia menjadi penerbang promosinya.Nama Amelia mulai dikenal publik ketika menjadi Woman Commander dalam penerbangan trans Atlantik pada tahun 1927. Ia tercatat sebagai wanita pertama yang melintasi Atlantik lewat udara.
Pada tahun berikutnya Amelia meraih juara ke-3 dalam Womans Air Derby ( Lomba lintas alam lewat udara untuk wanita) di Santa Monica, California. Gambarnya pun dipajang pada papan iklan rokok, namanya pun muncul pada label produk pakaian wanita dan iklan mobil bahkan ketika berhasil melintasi Atlantik sendiri dengan pesawat Lockheed Vega pada tahun 1932 dan sukses dalam penerbangan Los Angeles- Mexico City, peristiwa penerbangannya diperingati oleh pemerintah Mexico dengan mengeluarkan perangko khusus.
Ketika melakukan perjalanan keliling dunia pada tanggal 1 juni 1937 bertolak dari Miami dengan pesawat Lockheed E-10 Electra dan mengajak navigator Harry manning dan Fred Noonan, mereka dinyatakan hilang di sekitar Pulau Howland, Hawai setelah melintasi Peurto Rico, Brazil, Dakar, Singapura, Batavia (Indonesia), dan Australia. Mereka diberitakan hilang pada tanggal 1 juli 1937.
Penemuan lempengan aluminium penyok di Pulau Nikumaroro yang terletak antara New Guinea dan Hawai pada bulan oktober 1991 diduga sebagai bangkai pesawat Lockheed E-10 Electra wanita penjelajah dunia, Amelia Mary Earhart.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar