Rabu, 16 September 2009

34. CLYDE VERDON CESSNA

Clyde Verdon Cessna lahir di Howtherne, Lowa Amerika Serikat pada tanggal 5 desember 1879. Pada umur 31 tahun, setelah menyaksikan pameran dirgantara di Kansas, Cessna mulai tertarik dengan dunia penerbangan yang selanjutnya menuntut dirinya untuk mengabdikan diri sepenuhnya pada dunia perancangan pesawat. Ia merancang pesawat dan belajar terbang sendiri. Kecerdasan, keyakinan dan kepercayaan diri mendorong Cessna untuk tidak saja berkutat di dunia keteknikan pesawat namun juga membuat ia terdorong untuk membangun industri penerbangan.
Selama Perang Dunia I, Cessna ia hanya menjalankan usahanya sendirian. Baru pada tahun 1925 ia bersama dengan seorang temannya yang bernama walter Beech dan mendirikan Travel Air manufacturing Company di Wichita. Di perusahaan ini Cessna menjabat sebagai president hingga Travel Air Manufacturing tumbuh menmjadi salah satu perusahaan terkemuka di Amerika Serikat. Pesawat-pesawat Cessna terkenal dari segi kecepatannya dan jarak tempuhnya.
Pada tahun 1927 Cessna mendirikan Cessna Aircraft Company yang terkenal memproduksi pesawat sportnya dengan tingkat keamanan, performa yang tinggi dan ekonomis selama dekade 1930-an. Pesawat-pesawat Cessna masih menjadi standar keselamatan penerbangan untuk pesawat-pesawat masa kini. Kebanyakan pesawat Cessna dipakai sebagai alat transport pribadi yang nyaman.
Cessna menghabiskan masa-masa tuanya di Rago, Kansas dan menghembuskan nafasnya yang terakhir pada tanggal 20 november 1994.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar