Rabu, 16 September 2009

10. LOUIS BLERIOT

“Bleriot pantas berhasil karena usaha, kemampuan, tekad dan keberaniannya yang tidak dimiliki semua orang” (Norman Mcmillan)


Louis Bleriot adalah seorang insyinyur yang tealah mampu berkreasi sejak dini. Kemampuannya menciptakan lampu mobil bleriot yang sangat laku jual turut menunjang kesuksesannya sebagai salah satu tokoh penerbangan yang dikagumi dunia.
Louis Bleriot dilahirkan di Cambrai, Paris pada … 1872. Ia tertarik untuk terbang ketika melihat sebuah mesin terbang rancangan Clement Ader yang dipajang pada Paris Exhibition tahun 1900. Ketertarikan ini mendorongnya untuk merancang sebuah sayap serupa, dengan desain yang dapat digerakkan seperti sayap kelelawar. Uji coba terbang pertama gagal, pesawat terhempas ke tanah.
Kesuksesan penerbangan Wright brothers di Amerika para ilmuan dan pencinta dirgantara di Perancis berlomba-lomba merancang pesawat. Bermula dari French Aero Club, akhirnya pada tahu 1905 berdirilah sebuah pabrik pesawat professional untuk pertama kalinya di Perancis yang dimotori oleh Gabriel Voisin, Charles voisin dan ernest Archdeon.
Di pabrik Voisin bersaudara itulah Louis Bleriot bekerja. Mereka merancang pesawat layang berpelampung agar pada saat uji coba pesawat dapat ditarik dengan kapal motor di atas air. Percobaan dilakukan pada musim panas di atas Sungai Siene.
Dengan dipilotio oleh Gabriel Voisin, pesawat ditarik melayang di atas air. Namun karena bermasalah dari segi kestabilan, akhirnya pesawat jatuh da hancur. Untungnya Voisin selamat. Setelah dirakit ulang pada tahun berikutnya, pesawat dipasangi mesin Antoinette. Tetapi setelah diuji coba, ternyata masih gagal.
Bleriot memutuskan keluar dari Pabrik voisin dan merancang sendiripesawatnya yang bersayap tunggal. Sementara pabrik Voisin sendiri masih berkutat dengan sayap ganda. Walaupun uji coba dengan pesawat sayap tunggalnya mngalami beberapa kali kegagalan hingga ia berkesimpulan bahwa untuk melanjutkan percobaan sayap tunggalnya membutuhkan waktu dan biaya yang banyak, Bleriot ditetapkan sebagai orang yang pertama membuat sayap tunggal.
Sebagai langkah awal, Bleriot konsisten dengan sayap ganda. Pesawat pertamanya memiliki baling-baling dan kemudi di belakang, tetapi ekornya di depan. Ia menamakan pesawatnya canard (bebek) karena leher pesawatnya melengkungh seperti bebek. Pesawatnya yang kedua dirancang pada tahun 1907 dan memiliki sayap sepeti capung. Ia menamakannya libellute ( capung). Walaupun keseimbangan control dua pesawat rancangan Bleriot ini cukup bagus namun ia mash dianggap gagal uji coba.
Pesawat ketiga dirancang pada tahun 1907 dengan baling-baling dan sayap utama di depan sdangkan kemudi di belakang. Model bagian depan pesawat ini dijadikan standar pesawat saat ini.
Pada tahun 1909 bleriot berhasil menerbangkan pesawatnya yang ke-10, yakni pesawat sayap tunggal dengan kemudi sistem lengkung sayap yang diadopsi dari rancangan Wright Brothers. Kulit pesawat dari kain yang diikat denga kabel-kabel.
Demam pesawat yang melanda Eropa membuat sebuah koran harian, Daily Mail menawarkan £ 1000 untuk penerbangan pertama melintasi Selat Inggris. Hal ini dirasakan amat menantang bagi Bleriot sebab kalau menang, hadiahnya bisa digunakan untuk menopang biaya eksperimennya yang dirasakan kian menyusut.Ia kemudian merancang pesawatnya yang kesebelan untuk diikutkan dalam perlombaan ini.
Cuaca pagi hari tanggal 25 juli 1909 amat tidak cook untuk penerbangan. Angin bertiup kencang dan tidak teratur. Tetapi dengan keyakinan penuh, Insyinyur Perancis ini yang berjalan dengan disanggah tongkat karena kakinya mengalami luka bakar akibat pipa bahan bakar pesawatnya patah dan pesawatnya terbakar beberapa hari sebelumnya, memaksakan diri masuk ke kokpit. Setelah menyalakan mesin anzani 3 silinder berkekuatan 26 pk, ia pun meluncur kea rah laut mendahului lawan-lawan tandingnya.
Sepanjang mata memandang hanya laut membentang dan ombak besar. Ini tidak lebih seperti sebuah kenekatan sebab menurut teori, mesin anzani yang terpasang di pesawatnya hanya mampu bertahan selama 20 menit , padahal untuk melintasi Selat Inggris diperlukan waktu lebih dari 20 menit. Namun kenyataan berbicara lain. Hujan gerimis yang turun mengenai mesin pesawatnya membuat panas silinder berkurang sehingga masa-masa kritis pun bisa terlampaui. Akhirnya Bleriot berhasil mendarat di sebuah padang rumput dekat Dover Casttle.
Keberhasilan ini disambut gembira oleh penduduk Inggris dan Perancis. Harian Daily Mail yang mengadakan kompetisi ini menulis besar-besar di halaman depan koran, “ INGGRIS BUKAN LAGI PULAU YANG TERPISAH “. Louis Bleriot kemudian dihadiahi £ 2000 dari pemerintah Perancis dan £ 4000 untuk prestasi terbangnya disamping hadiah dari Daily Mail sendiri.
Ini membuat reputasi Bleriot terangkat hingga diberi kepercayaan mendirikan sekolah penerbangan di Pau, Perancis dan membuat pabrik pesawat yang membuat sekitar 800 buah pesawat dengan 40 desain berbeda sampai pecahnya Perang dunia I pada tahun 1914. Saat itu ia menandatangani kontrak dengan pemerintah kerajaan Inggris dan Perancis.
Pesawat sayap tunggal Bleriot pernah dilarang penggunaannya oleh sebuah komite di inggris pada tahun 1912 sebab sering mengalami patah sayap. Setelah diperiksa ternyata yang bermasalah adalah penyangga sayapnya. Bleriot lalu memperbaikinya.
Bleriot sempat pula mengambil alih Pabrik Pesawat cepat deperdusin antara tahun 1914-1918. dari pabrik itu dicetak pesawat tempur spad yang dipasarkan di Perancis, Amerika dan Inggris.
Louis Bleriot meninggal pada tahun 1936. Untuk mengenag pretasinya sebagai penerbangan pertama yang melintasi Selat Inggris selama 35 menit, di padang rumput dekat Dover Castle Inggris, tempatnya mendarat, dibangun sebuah pasasti batu berbentuk pesawat Bleriot. Salah seorang penulis biografi Bleriot, Norman Mc Millan mengatakan bahwa, “Bleriot pantas berhasil karena usaha, kemampuan, tekad dan keberaniannya yang tidak dimiliki semua orang”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar