Rabu, 16 September 2009

17. IGOR IVANOVICH SIKORSKY

Igor Ivanovich Sikorsky lahir di Kiev pada tanggal 25 mei 1889. lingkungan belajar dan meneliti hal-hal berbau ilmiah telah mempengaruhi jiwa Sikorsky sejak kecil. Ayahnya adsalah seorang professor psikologi dan ibunya seorang dokter. Bidang teknik penerbangan adalah yang paling ia kagumi. Semasa kanak-kanak ia telah membuat sejumlah pesawat model dan menerbangkannya. Beberapa di antaranya berupa helicopter.
Pada tahun 1893 ketika usianya menginjak 14 tahun, Sikorsky masuk ke Naval Academy di St. Petensburg. Merasa bahwa pendidikan militer tidak sesuai dengan jiwanya, setelah tiga tahun sekolah di sini ia memutuskan untuk keluar dan berkonsentrasi di bidang teknik. Ketika mendengan informasi bahwa Perancis adalah tempat ideal untuk menuntut ilmu penerbangan, Sikorsky pun angkat kaki ke Paris.
Setelah beberapa tahun di Paris, sikorsky pulang ke kampung halamannya dan mulai meneliti rancang bangun sebuah pesawat tetapi karena merasa bahwa teori yang ia ketahui belum cukup, ia kembali lagi ke Paris untuk mempelajari teknik penerbangan ( Aeronautika).
Ketika kembali ke Kiev, Ia menerbangkan helikopternya yang pertama. Penerbangan ini mengalami kegagalan. Sewaktu terjadi revolusi Bolshevik di Rusia Sikorsky merasa bahwa situasi di negaranya kurang kondusif untuk mengembangkan helicopter karyanya. Ia pun hijrah kembali ke Paris, selanjutnya pindah ke Amerika Serikat karena di sana ia bebas berkreasi.
Pada tahun 1940 Sikorsky berhasil menerbangkan sendiri VS-300, helikopter pertamanya yang tidak berpenutup selama 92 menit 26 detik. Rancangan kedua sikorsky adalah R-4 yang kemudian dibeli oleh Angkatan Darat AS dan Inggris pada tahun 1942.
Nama Sikorsky sebagai perancang helikopter sendiri mulai dikenal. Helikopter Sikorsky berciri khas MTR ( Main Tail Rotor) yakni model helikopter dengan 1 baling-baling utama dan satu baling-baling kecil di ekor. Sikorsky banyak memproduksi helikopter militer diantaranya H-37 Mojave pada tahun 1953 yang mampu mengangkut kendaraan militer beserta 26 pasukan di perutnya, S-60 Skycrane (1959) dan CH-53 dengan kapasitas angkut 55 pasukan.
Sikorsky adalah seorang ilmuan yang berotak brillian. Ia juga merancang helicopter dengan model baling-baling seperti huruf X (type-X) dengan kemampuan ganda yakni mampu mengapung di udara ( hover) seperti helicopter biasa tetapi gerak baling-baling dapat pula dihentikan seketika sehingga beralih fungsi menjadi sayap seperti pesawat terbang biasa. Konsep ini bernama tilt rotor yang sementara dikembangkan dan diperkirakan akan menjadi konsep helikopter masa depan.
Igor Ivanovich Sikorsky, insyinyur kelahiran Rusia yang namanya besar di Amerika ini meninggal pada tahun 1972, meninggalkan sebuah nama yang tetap berdengung di telinga para dirgantarawan dengan ribuan karyanya. Memasuki abad ini tercatat 40.000 buah helikopter buatan Sikorsky telah terbang di seluruh belahan dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar