Rabu, 16 September 2009

35. ALBERT SANTOS DUMONT

Albert Santos Dumont lahir di Cabangu, brazil pada tanggal 20 juli a873. Pada umur 17 tahun, ia berangkat ke Paris untuk belajar sekolah teknik. Sejak tahun 1898 ia mulai tertarik dengan dunia teknik penerbangan yang mendorognya merancang pesawat dan berhasil menerbangkan pesawat yang lebih ringan dari udara buatan sendiri untuk pertama kalinya di Paris.
Atas prestasinya ia menerima penghargaan dari pemerintah Jermann. Ia lalu menyumbangkan uang sebanyak 100 franc bagi para buruh dan orang-orang miskin.
Dumont selanjutnya beralih merancang pesawat yang lebih berat dari udara pada tanggal 2 november 1906, yaitu sebuah pesawat bermesin 14-Bis berkekuatan 40 HP seberat 352 pound. Hal ini menjadikan Dumont sebagai penerbang bermesin yang pertama di Eropa. Dumont juga dikenal sebagaim penerbang yang sukses menggunaan roda pendarat.
Sebagai eksperimenter, ia merancang sejumlah desain baru. Salah satunya adalah Demoiselle, pesawat sport pertama yang dibuat pada tahun 1909. Salah satu sumbangsih Dumont adalah sayap delta wing yang ternyata baru berhasil diterapkan 40 tahun kemudian.
Pada sebuah uiji coba terbang di tahun 1910, Santos Dumont mengalami kecelakaan dan terluka parah sehungga terpaksa mengakhiri karirnya sebagai penerbang. Namun Santos Dumont masih tetap memberikan sumbangsih pemikirannya pada dunia penerbangan sebelm meninggal pada tanggal 24 juli 1932.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar